Dulu…menyaksikan orang datang dari kota ini kelihatannya keren..
Dulu…melihat dari layar kaca gedung-gedung di kota ini kelihatannya gagah..
Dulu…berkunjung ke kota ini rasanya hebat..
Hingga akhirnya seleksi alam membawa saya menjadi bagian dari kota ini dengan segala berita kemegahan yang kini terkalahkan dengan berita kemacetan,kesenjangan,kejahatan…
Hampir sembilan tahun..
Bukan waktu yang singkat untuk sebuah keputusan bertahan..
Satu usia bersama bayi kecil anak tetangga saat itu yang kini telah menjelma menjadi bocah berbalut merah putih..
Banyak yang datang lagi..
Banyak pula yang memilih pergi..
Banyak yang tinggal dengan keikhlasan..
Banyak pula yang memaksa tinggal dengan keluhan bahkan makian..
Sah2 saja itu semua..
Karena kadang2 tempat tinggal juga perkara jodoh kita..
Apakah kita berjodoh dengan kota A lalu jatuh cinta..
Atau berjodoh dengan kota B meski tak suka..
Entahlah..
Mungkin lebih mudah bagi saya menjadikannya tempat belajar..
Sekolah..
Yang menambah daftar sahabat di hati saya..
Yang menambah ilmu di otak saya..
Yang menambah manfaat meski kadang susah..
Yang membebaskan saya untuk tinggal,pulang ke rumah,atau beralih hijrah..

catatan macet tol Jorr 2011